..:: Alumni SMA Negeri 1 Semarang angkatan '90 ::.. Pia Sambel - Warisan Enak ala SMA Negeri 1 Semarang Pia Sambel - Warisan Enak ala SMA Negeri 1 Semarang | Alumni SMA Negeri 1 Semarang Angkatan '90
Alumni Smansa '90

Pada salah satu acara wisata kuliner yang dipandu si Mr. MakNyus - Bondan Winarno (kalau tidak salah tahun 2008 bulan Juni) pernah ditampilkan episode kuliner Semarang. Pada episode itu Bondan Winarno mengulas pengalaman masa kecilnya bersekolah di Semarang. Salah satunya dia berkunjung ke SMA Negeri 3 dan mencicipi Badak Sambel makanan khas kantinnya. Sayang si Mr. MakNyus dulu tidak bersekolah di SMA Negeri 1 Semarang, karena menurut saya Pia Sambel lebih enak dan lebih populer.

Lebih populer karena hampir di setiap tempat di Indonesia bahan dasar makanan ini dapat ditemukan. Pia Sambel adalah pia-pia yang dipotong-potong, disiram sambal kacang di atasnya dan disajikan dalam mangkok. Beberapa daerah mengenal pia-pia dengan bakwan. Jelas bukan kalau makanan ini seharusnya lebih populer?

Variasi Pia Sambel kantin-kantin SMA 1 (karena dari belasan kantin semuanya menyediakan menu ini sebagai salah satu menunya) cukup beragam. Dicampur bakso jadi Pia Bakso (ini yang menjadi favorit), dicampur sayur (seperti dalam pecel) juga enak. Pia sambel sering juga dicampur dengan mie kuning, atau mau dicampur semua jadi pia sambel komplit jelas semakin enak.

Kantin-kantin yang sudah berubah wajah menjadi lebih modern tersebut tetap saja menyajikan menu ini sebagai andalannya. Ini jelas disebabkan Pia Sambel merupakan Warisan Enak SMA Negeri 1 Semarang. Alumni SMA Negeri 1 Semarang di penjuru tempat dari tahun ke tahun selalu merindukan makanan ini dan baru serasa pulang kampung kalau sudah menyantap jajanan ini.

Bagaimana agar Pia Sambel benar-benar dikenal tentunya kembali kepada teman-teman sendiri. Menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat, rasanya kita bisa mengkreasikan Pia Sambel sebagai salah satu hidangan favorit di rumah, arisan, pesta dan kegiatan-kegiatan lain. Senang rasanya apabila Pia Sambel dapat dikenal tidak hanya di lingkungan siswa dan alumni SMA Negeri 1 saja, tapi juga bisa menjadi kuliner andalan Semarang.

Bagi teman-teman yang berbisnis kuliner (resto, cafe, kantin, catering dan sejenisnya) rasanya tidak memalukan memasukkan menu ini sebagai salah satu menu andalan. Tampil di atas piring atau mangkuk yang cantik dengan hiasan garnish yang menarik sepertinya mampu membuat Pia Sambel naik kelas. 

Bila Pia Sambel sudah terkenal, bukankah SMA kita tercinta juga semakin dikenal. Jadi hidangkan Pia Sambel dan nikmati warisan enak ini.


4 comments:

ari satoto mengatakan...

uenaaak banget jadi kangen main ke kantin SMA 1

Didie Suryady mengatakan...

yo wis tho Ri... diagendakan wae sesuk setu bareng2 neng SMA 1....

Unknown mengatakan...

saiki jik ono rak ya.. nang kantin SMA 1 Semarang ?
arep tak poto

Betty Nicky mengatakan...

Menu favorite jaman sma..

Posting Komentar